Sunday, September 23, 2007
Ibu Hamil Dilarang Diet Ketat Namun Boleh Puasa
Jakarta - Saat hamil, seorang perempuan harus memberi nutrisi yang cukup pada janinnya. Karena itu, perempuan hamil tidak dianjurkan menjalani diet ketat.

"Saat hamil memang wajar kalau badan jadi melar. Jadi nggak usah diet ketat, bisa-bisa janinnya kurang nutrisi," ujar dokter kandungan Ali Sungkar.

Hal itu disampaikan dia dalam diskusi bertajuk "Mengembangkan Kecerdasan Anak Sejak dalam Kandungan" di Brawijaya Women and Children Hospital, Jl Taman Brawijaya, Jakarta, Sabtu (22/9/2007).

Meski demikian, bila si ibu itu kuat menjalankan puasa, maka tidak dilarang. "Prinsipnya, puasa tidak masalah. Kita puasa kan sekitar 12 jam sehingga cadangan makanan masih ada," imbuh Ali.

Dia pun Dia pun mengingatkan agar ibu hamil jangan banyak pantangan makanan. Namun tidak berarti makan gila-gilaan karena ada 2 individu yang harus mendapat makanan.

"Ibu hamil sebenarnya hanya perlu menambah seperempat dari porsi makan normalnya. Pola makan yang tidak sehat ke depannya bisa memicu penyakit pada anak saat dewasa," imbuh dokter berkacamata ini.

Dijelaskan dia, saat paling penting kehamilan adalah 13 minggu pertama. Sebab saat itu, selaput saraf mulai berkembang.

"Selaput itu muncul dalam hitungan hari. Kalau misalnya ada gangguan saraf saat kehamilan, biasanya telat datang ke dokter. Sebab banyak ibu hamil yang baru tahu hamil setelah 1-2 bulan," beber Ali.

Pada trimester pertama, pertambahan berat badan janin adalah 500 gram per bulan. Saat ini, penambahan kalori belum diperlukan.

Ibu hamil perlu mengonsumsi zat besi yang antara lain terdapat pada daging, beras, sayuran hijau, dan kacang-kacangan untuk menyuplai darah.

Makanan yang mengandung asam folat juga diperlukan untuk pembentukan tabung syaraf janin. Asam folat banyak terdapat pada wortel, bayam, brokoli, jeruk, pisang, jamur, dan kuning telur.

"Di trimester pertama, mual dan muntah memang terjadi. Sebab hirmon progesteron melambatkan fungsi organ dalam untuk menjaga agar rahim tidak kontraksi. Jadi perlu cairan dan garam. Cairan yang keluar harus diganti," jelas Ali. (nvt/ken)

ditulis oleh R33n3e pada 9/23/2007 09:54:00 PM  
0 Komentar
Post a Comment
 
Kembali ke halaman muka
 
babies
Siapa Aku
click here to make your own now! hot-lyts.comclick here to make your own now! hot-lyts.comclick here to make your own now! hot-lyts.comclick here to make your own now! hot-lyts.comclick here to make your own now! hot-lyts.com




Seorang wanita biasa yang selalu berusaha menjadi manusia yang lebih baik di setiap kesempatan :D..terutama sebagai umat-Nya, istri dari suami dan anak dari orangtuaku serta ibu dari anak ku :)
Ingin kenal dekat ....

YM! ku : rini_yas

Rini berkata di Plurk

Aksiku...
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from rini_yas. Make your own badge here.
Hari ini tanggal...
Waktu menunjukkan pukul..
Ceritaku
Arsipku
Blogger
Banner
hery - india
how's
Baca yuuk
Ngomong apa ya?
Di dukung oleh
Template dibuat oleh :
Free Blogger Templates
Shout box oleh :
Free Shoutbox Technology Pioneer
Anggota dari :
BlogFam Community
Counter :
Wirefly