Sunday, September 23, 2007
Mozart & Senter Penting untuk Bayi
Jakarta - Meski berada di dalam kandungan, bukan berarti bayi tidak bisa merasa respons dari luar. Justru respons yang merupakan bagian dari stimulasi bisa meningkatkan kecerdasan anak.

Psikolog anak dan keluarga Rusyika Thamrin Psi, CBA, CPHR menjelaskan, pada usia 3 minggu kehamilan otak bayi mulai dibentuk. Lalu di usia 20 minggu bayi telah memproduksi seluruh sel otak yang dibutuhkan selama hidupnya.

"Pada usia 7 bulan, bayi mulai kehilangan sel otak yang tidak distimulasi. Pada usia 8 bulan sekitar 40-75 persen sel otak bayi akan rusak akibat kurangnya stimulasi," jelas perempuan yang akrab disapa Tika ini.

Hal itu disampaikan dia dalam diskusi bertajuk "Mengembangkan Kecerdasan Anak Sejak dalam Kandungan" di Brawijaya Women and Children Hospital, Jl Taman Brawijaya, Jakarta, Sabtu (22/9/2007).

Ada berbagai macam cara untuk stimulasi otak bayi. Pada usia kehamilan 20 minggu, mulailah memperdengarkan berbagai jenis musik dan bahasa asing kepada bayi.

"Mozart sangat disarankan karena iramanya yang rileks dan tenang," imbuh perempuan berkerudung ini.

Pada usia kehamilan 22 minggu, stimulasi perabaan sudah diperlukan. Caranya adalah dengan memijat bayi melalui pusar dan perut ibu. "Saat bayi menendang responslah dengan menekan perut dengan lembut," lanjut Tika.

Di usia kehamilan 26 minggu, stimulasi penglihatan harus sudah dilakukan. Caranya adalah dengan mengarahkan senter ke arah perut dengan menyalakan dan mematikannya sebanyak 3-4 kali.

"Stimulasi prenatal itu bisa meningkatkan kemampuan visual, auditori, dan motorik bayi," imbuh Tika.

Ditambahkan dia, bayi akan merasa tenang jika didengarkan musik yang biasa didengar saat masih di kandungan. Bayi juga akan menunjukkan kapasitas belajar yang tinggi, memiliki IQ yang lebih tinggi dan lebih kreatif, serta bayi lebih percaya diri.

"Nantinya bayi ini akan menjadi bayi yang dinamis, rileks, dan penuh inisiatif. Dia juga akan mudah tertawa dan menyesuaikan diri secara sosial, serta memiliki koordinasi fisik yang baik," tutur Tika. (nvt/nrl)
ditulis oleh R33n3e pada 9/23/2007 09:58:00 PM  
0 Komentar
Post a Comment
 
Kembali ke halaman muka
 
babies
Siapa Aku
click here to make your own now! hot-lyts.comclick here to make your own now! hot-lyts.comclick here to make your own now! hot-lyts.comclick here to make your own now! hot-lyts.comclick here to make your own now! hot-lyts.com




Seorang wanita biasa yang selalu berusaha menjadi manusia yang lebih baik di setiap kesempatan :D..terutama sebagai umat-Nya, istri dari suami dan anak dari orangtuaku serta ibu dari anak ku :)
Ingin kenal dekat ....

YM! ku : rini_yas

Rini berkata di Plurk

Aksiku...
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from rini_yas. Make your own badge here.
Hari ini tanggal...
Waktu menunjukkan pukul..
Ceritaku
Arsipku
Blogger
Banner
hery - india
how's
Baca yuuk
Ngomong apa ya?
Di dukung oleh
Template dibuat oleh :
Free Blogger Templates
Shout box oleh :
Free Shoutbox Technology Pioneer
Anggota dari :
BlogFam Community
Counter :
Wirefly